D-III Manajemen Logistik

Kompetensi Lulusan D-III Manajemen Logistik

No Profil Lulusan Deskripsi Profil Lulusan
1 Perencana Rute dan Keselamatan Angkutan Logistik Lulusan program studi diploma tiga manajemen logistik diharapkan mampu memahami, menjelaskan, dan menentukan tentang rute terbaik angkutan logistik yang paling efektif dan efisien. Serta mampu memastikan keselamatan kendaraan pengangkut, barang yang diangkut, pengemudi angkutan logistik, serta lingkungan kerja sekitar.
2 Pengelola Pergudangan Mampu menangani pekerjaan dan permasalahan distribusi, transportasi, warehousing, cargo & shipping, inventory, purchasing/procurement, goods inspections, layanan informasi logistik, layanan pelanggan, dan perdagangan internasional.
3 Penelaah Tarif Angkutan Barang dan Multimoda Mampu menganalisa tarif batas atas dan batas bawah untuk angkutan barang dengan berbagai moda transportasi.
4 Penelaah Angkutan Multimoda dan Logistik Center Mampu memberikan masukan mengenai alternatif pemilihan moda serta armada pengangkut dan alat pengangkat bidang logistik.
5 Asisten Peneliti Pusat penelitian dan pengembangan manajemen transportasi multimoda.
6 Pengawas Angkutan Logistik Mampu melaksanakan pengawasan angkutan logistik dengan efektif dan efisien. Melaksanakan pengelolaan armada serta pengecekan jadwal pengiriman. Memastikan para pekerja bidang angkutan, armada pengangkut serta barang yang diangkut dengan cara dan metode yang sesuai dengan aturan keselamatan yang sesuai dengan jenis barang yang diangkut.
7 Pekerja Bidang Ekspor Impor Mampu menangani pekerjaan dan permasalahan administrasi klaim angkutan barang, prosedur dan ketentuan perpajakan, kepabeanan, peraturan nasional dan internasional tentang ekspor impor baik barang umum maupun barang berbahaya (dangerous goods).
8 Pekerja Bidang Pengadaan/Purchasing Mampu menganalisa keperluan dan kebutuhan sebuah perusahaan berdasarkan hirarki tingkat kebutuhan dan tangkat kepentingan suatu barang/jasa, sehingga pengelolaan anggaran baik industri maupun regulator bisa lebih efektif dan efisien.
9 Quality Control Bidang Logistik Mampu menentukan, memberikan masukan, dan mengkoreksi kegiatan logistic sesuai dengan standar pelayanann minimal yang telah ditetapkan baik oleh regulator maupun operator itu sendiri.
10 Asisten Manajer Logistik Mampu membantu, memberikan masukan, mensupport data kepada manajer logistic serta mampu mengkoordinasikan dan mendistribusikan instruksi serta pekerjaan dengan baik ke seluruh tenaga kerja yang terlibat.