Pengabdian Kepada Masyarakat : Pemilihan Moda Kelaikan Angkutan Umum Berkeselamatan Dalam Peningkatan Kenyamanan Transportasi

Tabanan, 28 Maret 2024 – Politeknik Transportasi Darat Bali menggelar acara pengabdian kepada masyarakat dengan tema “Pemilihan Moda Kelaikan Angkutan Umum Berkeselamatan Dalam Peningkatan Kenyamanan Transportasi” di Kampus Tabanan, Poltrada Bali. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat, khususnya anak-anak, mengenai pentingnya memilih moda transportasi yang aman dan nyaman. Kegiatan ini juga dilakukan bersamaan dengan pelaksanaan kegiatan Buka Bersama (Bukber) dalam menyambut bulan puasa Tahun 2024 yang diikuti oleh anak-anak Panti Asuhan.
Direktur Politeknik Transportasi Darat Bali, Dr.Ir. Efendhi Prih Raharjo, ST.,S.SiT.,MT., secara resmi membuka kegiatan ini dengan harapan bahwa para peserta, terutama anak-anak, dapat memahami betapa pentingnya pemilihan moda transportasi yang tepat untuk keamanan dan kenyamanan perjalanan mereka.


Kegiatan ini tidak hanya memberikan pemahaman tentang pemilihan moda transportasi, tetapi juga menghadirkan suasana yang menyenangkan bagi anak-anak dengan berbagai permainan seperti mewarnai, dan permainan mudik berkeselamatan yang mengangkat tema MaaS (Mobility as a Service) dengan beberapa pertanyaan terkait dengan Teknologi Kendaraan dan Aspek Keselamatan dalam Berkendaran, antara lain penggunaan helm, safety belt, hingga pemeriksaan bagian kendaraan sebelum berkendara.


Melalui permainan-permainan tersebut, para peserta diberikan pengetahuan yang bermanfaat tentang keuntungan menggunakan angkutan umum dibandingkan kendaraan pribadi. Selain itu, dalam rangka memberikan motivasi kepada para peserta, berbagai macam hadiah disiapkan untuk mereka yang berhasil memenangkan permainan. Hal ini diharapkan dapat menjadi langkah awal dalam meningkatkan minat dan pemahaman masyarakat, khususnya anak-anak, terhadap penggunaan angkutan umum di Bali.
Kegiatan ini mendapat berbagai baik dari masyarakat, terutama anak-anak, yang antusias mengikuti setiap permainan dan mendapatkan pengetahuan baru tentang transportasi. Diharapkan, kegiatan ini dapat menjadi langkah awal dalam membentuk kesadaran masyarakat akan pentingnya memilih moda transportasi yang aman, nyaman, dan ramah lingkungan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *