D-IIII Teknologi Mekanika Otomotif

Program Studi D-III TMO merupakan program studi ke-1 (Pertama) di Indonesia dengan baku Nomenklatur “Teknologi Mekanika Otomotif” dan atau program studi ke -3 (ketiga) di Indonesia yang memiliki kekhususan di bidang ‘Pengujian Kendaraan Bermotor’ setelah Politeknik Keselamatan Transportasi Jalan (PKTJ) dan STTD Bekasi dengan baku nomenklatur “Pengujian Kendaraan Bermotor”, dengan keunggulan sebagai berikut :

  1. Kurikulum Diploma III Teknologi Mekanika Otomotif telah terintegrasi dengan system sertifikasi kompetensi pengujian kendaraan bermotor yang diterbitkan oleh Direktorat Jenderal Perhubungan Darat selaku regulator dan penerbit tunggal kompetensi pengujian kendaraan bermotor.
  2. Taruna didesain untuk menjadi lulusan yang profesional dan tanggap terhadap kebutuhan masyarakat akan pelayanan jasa yang tertib, teratur, tepat waktu, bersih dan nyaman serta terampil dalam berperilaku gesit, ramah, sopan serta lugas sebagaimana semboyan Lima Citra Manusia Perhubungan.
  3. Program studi Teknologi Mekanika Otomotif Poltrada Bali menerapkan sistem pendidikan semi militer yang diasramakan selama masa pendidikan.

 

Disamping itu Prodi D.III Manajemen Transportasi Jalan juga memiliki capaian pembelajaran yang menjadi keunggulan sebagai berikut :

  1. Mampu mengembangkan dan mengimplementasikan bidang kewirausahaan berbasis Mesin Otomotif.
  2. Mampu menginovasi teknologi otomotif yang mengarah pada peningkatan efisiensi (material, energi, dan biaya).
  3. Mampu memeriksa dan menguji komponen-komponen atau bagian-bagian dari mobil penumpang umum dalam rangka memenuhi persyaratan teknis dan laik jalan sesuai dengan peraturan perundangan yang berlaku.
  4. Mampu memeriksa dan menguji komponen-komponen atau bagian-bagian dari mobil barang tunggal selain mobil tangki dalam rangka memenuhi persyaratan teknis dan laik jalan sesuai dengan peraturan perundangan yang berlaku.
  5. Mampu memeriksa dan menguji komponen-komponen atau bagian-bagian dari mobil bus tunggal lantai tunggal dalam rangka memenuhi persyaratan teknis dan laik jalan sesuai dengan peraturan perundangan yang berlaku.
  6. Mampu memeriksa dan menguji komponen-komponen atau bagian-bagian dari rangkaian mobil barang selain rangkaian mobil tangki dalam rangka memenuhi persyaratan teknis dan laik jalan sesuai dengan peraturan perundangan yang berlaku.